Cara Memilih Skincare yang Tepat Berdasarkan Jenis Kulit Anda

Memilih produk skincare yang tepat dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama dengan banyaknya pilihan di pasaran. Setiap jenis kulit membutuhkan perawatan khusus untuk memastikan kulit tetap sehat dan bercahaya. Dalam artikel ini, …

Kombinasi Ideal Antara Desain Modern dan Daya Tahan: Mengapa Samsonite Varro Layak Anda Miliki

Tas menjadi salah satu aksesori yang penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi mereka yang aktif dalam berbagai kegiatan. Salah satu merek terkemuka dalam industri tas adalah Samsonite, yang dikenal karena kualitas …

Tips Memilih Kursi Kantor yang Cocok dengan Gaya Kerja Anda

Kursi kantor yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam kenyamanan dan produktivitas Anda di tempat kerja. Namun, dengan begitu banyak pilihan yang tersedia di pasaran, memilih kursi kantor yang sesuai dengan …

Cara Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal

Nilai  tekanan darah normal berdasarkan usia bisa berbeda-beda. Namun yang paling penting adalah menjaga agar ukurannya tetap dalam keadaan standar ideal pada umur berapa pun.

Sebab, tekanan darah yang tidak terkendali dapat mengakibatkan kerusakan organ jantung dengan potensi menderita penyakit kardiovaskuler. Jika anda memiliki resiko tinggi maka sebaiknya selalu menjaga nilai nya agar tetap normal.

Menjaga Tekanan Darah Normal

Menjaga agar tekanan darah normal berdasarkan usia adalah sesuatu yang dapat diterapkan untuk memastikan jantung berada dalam kondisi prima. Sebab perubahan nilainya baik turun maupun tinggi mengindikasikan adanya gangguan kesehatan.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar tekanan darah dalam standar  ideal adalah sebagai berikut:

Menjaga Pola Makan

Salah satu cara untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal adalah dengan memastikan pola makan  berada pada koridor yang tepat. Salah satu bahan makanan yang ditengarai dapat memicu lonjakan tekanan darah adalah garam.

Sehingga Anda perlu untuk mengurangi asupan garam baik pada makanan besar ataupun produk tertentu.  Langkah terbaik adalah tentu saja mengurangi konsumsi kudapan yang cenderung berasa asin.

Mengurangi Konsumsi Kafein

Kafein merupakan salah satu zat yang dapat meningkatkan tekanan darah. Sebenarnya fungsinya adalah untuk membantu meningkatkan produktivitas. Namun bagi mereka yang menderita hipertensi tentu saja Ini sangat berbahaya.

Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi maka sebaiknya berhati-hatilah dalam mengkonsumsi kafein. Batasi paling banyak minumlah 1 gelas kopi sehari tanpa gula dan tanpa tambahan krim yang lain.

Ingat juga bahwa kafein merupakan zat aktif yang tidak hanya ada pada kopi tetapi juga terkandung pada teh, coklat dan soda. Jika Anda mengkonsumsi produk pelangsing, maka perhatikanlah apakah ada komposisinya yang mengandung kafein.

Tanggulangilah Kecemasan

Kecemasan merupakan salah satu faktor yang naiknya tekanan darah. Sebab yang merangsang produksi hormon adrenalin dan kortisol yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi tubuh.

Namun karena jumlahnya terlalu berlebihan maka dapat memicu jantung berdetak lebih kencang. Sehingga lama-kelamaan jika dibiarkan tentu saja dapat  menyebabkan tekanan darah semakin naik.

Minumlah Obat Anti Hipertensi Secara Teratur

Jika Anda telah didiagnosa menderita tekanan darah tinggi dan harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu, maka patuhilah nasihat dokter. Karena obat tersebut dapat membantu untuk mengontrolnya.

Berolahragalah Secara Teratur

Penderita hipertensi juga dapat berolahraga secara teratur sesuai dengan kondisi kesehatannya. Jangan juga terlalu berat karena dapat memberatkan jantung. Olahraga secara teratur dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan sehingga meringankan kerja organ jantung.

Anda perlu melihat kembali bagaimana plan asuransi kesehatan yang dimiliki. Sebab, perlindungan tersebut dapat dimanfaatkan jika sewaktu-waktu terjadi risiko. Uang santunan yang sudah ada dalam perjanjian dapat dimanfaatkan untuk mengcover biaya selama masa penyembuhan.