Kesalahan Membuat Laporan Keuangan yang Perlu Diketahui

Membuat laporan keuangan menjadi hal yang sangat penting terutama dalam menjalankan bisnis atau perusahaan. Dengan laporan keuangan yang baik, arus kas bisnis bisa diketahui dengan baik dan risiko rugi pun bisa …

Cara Mengobati Gigitan Kutu Kucing dan Cara Memilih Obat Pembasmi Kutu Kucing yang Tepat

Bentuk kutu kucing sangat kecil bahkan tidak terlihat dan melompat untuk berpindah tempat dengan sangat cepat. Kutu bisa hinggap di benda-benda berserat seperti sofa, kasur, gorden, handuk dan sebagainya. Kutu kucing …

Sebelum Beli, Ketahui 7 Kelebihan Toyota Raize Berikut Ini!

Melengkapi segmen compact SUV di pasar otomotif Indonesia, Toyota Raize akhirnya diluncurkan di penghujung April 2021. Disebut-sebut sebagai penerus Toyota Rush, SUV dengan desain sporty ini dibekali sederet fitur dan teknologi …

Tanda Anak Kurang Gizi, Yuk Waspadai Gejalanya

Ada beragam hal yang menjadi penyebab anak kekurangan gizi mulai dari kekurangan vitamin, lemak, protein, hingga mineral. Kekurangan gizi tentu sangat berbahaya bagi anak-anak karena dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Jika tanda anak kurang gizi tidak langsung dikenali, maka hal ini dapat berdampak di masa depannya, mulai dari pertumbuhan tinggi badan yang lambat, badan terlalu kurus, dan berbagai masalah lainnya. Oleh karena itu sebelum terlambat, segera kenali beragam tanda kekurangan gizi pada anak Anda.

Tanda-Tanda Kekurangan  Gizi pada Anak

Kasus kurang gizi pada anak biasanya baru disadari orangtua ketika efek tersebut sudah terlihat nyata. Sebelum terlambat, ada baiknya untuk mengenali beragam tanda yang ditunjukkan oleh anak Anda. Lalu apa saja tanda tanda kekurangan gizi pada anak yang wajib diwaspadai oleh para orang tua? Ini dia penjelasannya

1. Nafsu Makan Menurun

Menurunnya nafsu makan anak dapat menjadi tanda awal kekurangan gizi. Oleh karena itu jangan abai jika anak tidak nafsu makan. Usahakan untuk melakukan variasi makanan sehat yang tentunya disukai anak-anak sehingga ia makan dengan lahap.

2. Terlihat Lebih Lesu dan Lelah

Anak yang memiliki gizi cukup cenderung lebih bersemangat dan berenergi. Jadi, jika anak Anda mulai terlihat lesu dan lelah, maka hal ini bisa menjadi salah satu pemicu kekurangan gizi pada anak.

3. Kurang Fokus Mengerjakan Sesuatu

Konsentrasi sangat penting dimiliki untuk bisa fokus dalam mengerjakan sesuatu. Jika anak sering kurang konsentrasi dan fokus baik dalam belajar ataupun beraktivitas, maka hal ini bisa menjadi tanda-tanda kurangnya asupan gizi yang masuk pada tubuhnya.

4. Mudah Rewel

Anak bayi atau balita yang mengalami kekurangan gizi cenderung lebih rewel karena asupan nutrisi dalam tubuhnya tidak tercukupi. Oleh karena itu, pastikan asupan nutrisi anak tetap terpenuhi dengan memberikan beragam makanan sehat.

5. Lebih Mudah Sakit

Manusia umumnya memiliki sistem imun yang dapat mempertahankan kesehatan tubuh dan mencegah sumber penyakit masuk kedalam tubuh. Namun jika anak Anda terlihat lebih mudah sakit, maka bisa dipastikan bahwa sistem imun dalam tubuhnya lemah. Salah satu penyebab lemahnya sistem imun tubuh karena kurangnya asupan gizi pada anak.

6. Mata Terlihat Sayu dan Cekung

Anak yang sehat tentu memiliki tatapan mata yang segar dan berenergi. Jika mata anak Anda sering terlihat sayu dan cekung, hal ini disebabkan aliran darah yang mengalir tidak lancar. Aliran darah yang tidak lancar dapat disebabkan karena minimnya asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh anak.

7. Luka yang Lama Sembuh

Sama seperti sistem imun yang mempertahankan tubuh dari serangan penyakit, tubuh juga memiliki sel darah yang dapat membantu menutup luka yang terbuka seperti tergores benda tajam atau terjatuh. Jika luka pada tubuh anak lama sembuh, maka bisa jadi anak kurang gizi yang akhirnya menyebabkan sel darah sulit diproduksi.

8. Pertumbuhan Badan Lambat

Tinggi badan biasanya diwariskan oleh orangtua. Jika orangtua bertubuh pendek, maka anak mereka kemungkinan besar bertubuh pendek. Namun jika pertumbuhan badan anak terlihat stagnan dan tidak ada kemajuan berarti selama beberapa tahun, bisa jadi hal ini disebabkan karena kurangnya asupan gizi pada tubuh anak.

Untuk mencegah hadirnya tanda anak kurang gizi pada anak, maka selalu sediakan makanan bernutrisi baginya. Namun jika anak masih mengalami berbagai tanda kurang gizi, Anda bisa segera berkonsultasi ke dokter. Dokter bisa merekomendasikan PediaComplete yang mengandung laktosa rendah serta Prebiotik FOS untuk mendukung kesehatan pencernaan anak.