ASUS BR1100, laptop revolusioner untuk menemani anak-anak yang belajar

Asus BR1100 memiliki banyak fitur yang aman dan nyaman digunakan oleh anak-anak. Asus menyajikan BR1100, seri terakhir laptop yang dirancang khusus untuk menemani kegiatan belajar kaum muda. Tidak hanya dilengkapi dengan …

Tips Memilih Produk Susu Kalsium Tinggi Untuk Orang Dewasa

Tentu Anda sudah sangat familiar dengan manfaat dari minum susu kalsium tinggi untuk si kecil, bukan? Ya, umumnya, konsumsi susu dilakukan untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan si kecil, terutama untuk menguatkan …

5 Tips Menyediakan Menu MPASI 4 Bintang untuk Bayi

MPASI merupakan salah satu sumber gizi bagi tubuh si kecil. Setelah memasuki usia 6 bulan, tubuh bayi tidak cukup menerima gizi hanya dari ASI. Orang tua harus memberikan makanan padat agar …

2 Ciri Pertumbuhan Anak yang Perlu Diperhatikan

Masa tumbuh kembang anak menjadi suatu hal berharga yang tidak dapat diulang. Melihat pertumbuhan si kecil dari mulai merangkak, merambat, hingga bisa berjalan menjadi masa emas untuk disaksikan. Namun ada ciri pertumbuhan anak yang sangat perlu Anda ketahui.

Setiap anak memiliki waktu dan cara pertumbuhan yang berbeda. Mereka memiliki perkembangan dirinya masing-masing. Namun untuk memastikan pertumbuhan si kecil baik dan normal ada beberapa ciri yang bisa dijadikan patokan untuk Anda mengevaluasi kelebihan dan kekurangan pertumbuhan si kecil, apa saja ciri tersebut simak pembahasanya di bawah.

Ciri Pertumbuhan yang Baik bagi Si Kecil

Dalam makna luas pertumbuhan memiliki arti terjadinya pertambahan massa dan volume. Jadi untuk pertumbuhan pada anak sendiri kaitan erat dengan penilaian secara kuantitatif atau dapat diterjemahkan dengan angka, berikut ciri pertumbuhan pada anak.

1. Pertumbuhan Tinggi dan Berat Badan

Ciri yang pertama adalah pertumbuhan ukuran fisik. Jika seorang anak mendapatkan asupan makanan yang sesuai dengan umurnya akan terjadi pertambahan tinggi tubuh dan berat badan anak.

Namun pertumbuhan berat tubuh anak yang berlebihan perlu Anda cari tahu apa penyebabnya. Penambahan berat badan yang tidak sewajarnya dapat mengganggu kesehatan tubuh si kecil, dan dampak menimbulkan obesitas.

Berikut parameter pertambahan berat anak pada umumnya:

Usia Pertambahan Berat Tubuh Anak
0 – 6 bulan 140 – 200 Gr / minggu
6 – 12 bulan 85 – 140 Gr / minggu
1 – 2 tahun 2,5 Kg / tahun
2 – 5 tahun 2,5 kg / tahun

Berikut parameter pertambahan tinggi anak:

Usia Pertambahan tinggi Tubuh Anak
0 – 12 bulan 25 cm / tahun
1 – 2 tahun 13 cm / tahun
2 – 3 tahun 9 cm / tahun
4 tahun – masa pubertas 5 cm / tahun

Tabel pertumbuhan berat dan tinggi anak di atas bisa dijadikan parameter untuk mengetahui apakah pertumbuhan anak sudah sesuainya. Namun jika terjadi perbedaan yang terlalu signifikan, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

Oleh karena itu, pada ciri pertumbuhan yang pertama ini walau terlihat sepele sangat perlu diperhatikan dengan dilakukanya pengecekan rutin tinggi dan berat badan anak.

2. Penambahan Lingkar Kepala anak

Ciri kedua yang tak kalah pentingnya adalah pertambahan lingkar kepala anak. Hubungan lingkar kepala yang berlebihan dapat diakibatkan oleh fungsi otak. Untuk mengetahui apakah pertumbuhan lingkar kepala anak Anda sudah sesuai, bisa dilihat pada tabel berikut:

Parameter pertambahan lingkar kepala anak:

Usia Pertambahan Lingkar Kepala Anak
0 – 3 bulan 2 cm / bulan
4 – 6 bulan 1 cm / bulan
6 – 12 bulan ½ cm / bulan
1 – 2 tahun 2 cm / tahun

Itu dia 2 ciri pertumbuhan anak yang perlu Anda perhatikan jika terjadi perbedaan yang signifikan segerakan untuk cek ke dokter.